Dampak Positif - Negatif Prakerin

 Halo,sobat semua gimana persiapan prakerin nya udah siap atau masih bingung?


Awali semua dengan berdoa ya.Sini-sini aku akan bahas apa saja persiapan yang perlu kita lakukan sebelum prakerin seperti yang udah aku lakuin

Simak dibawah ini

Hal-hal yang perlu kita lakukan saat prakerin adalah


1.Menganalisis Diri Dari Kecendurungan Dampak Negatis


Maksudnya apa? kok aku ga tau sih.Jadi gini nih sebelum kita memulai prakerin atau biasa disebut PKL kita juga perlu melakukan antisipasi diri terkait dampak negatif yang mungkin akan timbul.Bisa mengidentifikasi sumber- sumbernya dan membuat rencana untuk dapat mengatasinya.


2.Menyusun Rencana Keuangan 

Rencana ini dapat menyusun keuangan kita yang lebih cermat benar dan benar.Tetapkan juga anggaran untuk kebutuhan sehari-hari, prakerin juga kesehatan,sehingga kita dapat mengelola keuangan dengan cermat.


3.Komunikasi Terbuka Dengan Pihak DUDI

Jika kita ingin menggali lebih jauh apa yang mereka butuhkan dari kita jangan ragu untuk berkomunikasi dengan pihak dudi .Sampaikan juga kondisi dan tantangan yang sudah kita lalui agar mereka dapat memberikan dukungan yang diperlukan dudi kepada kita .

4.Jadwal Yang Terkelola Baik 

Susunlah jadwal harian mingguan juga bulanan yang terkelola dengan baik,kemudian pastikan kita juga memiliki waktu untuk istirahat dan meresapi ilmu dari pengalaman prakerin tanpa terbenani.

5.Meningkatkan Keterampilan Diri

Kita juga perlu nih memanfaatkan waktu sebelum melakukan prakerin untuk meningkatkan keterampilan yang diperlukan.Oleh karena itu   belajarlah lebih giat dan tertib dengan ini dapat membantu kita menjadi lebih percaya diri dan siap untuk menghadapi tugas-tugas prakerin.

*Dampak positif

a.mendapatkan ilmu yang lebih luas

b.belajar lebih banyak hal

c.mengetahui dunia kerja

d.menambah teman

e.memperluas jaringan komunikasi antar partner kerja

*Dampak Negative

a.terjadinya pergaulan bebas 

b.menghambat proses belajar

c.tertinggal materi

Nah, gimana sudah jelas atau masih bingung nih .Semua persiapan ini semoga dapat membantu kalian mengatasi hal-hal yang mungkin dapat terjadi.Selamat menjalankan Prakerin kalian agar menjadi pengalaman yang berharga dan memberikan kontribusi positif pada pengembangan pola pikir,karier,juga skill kita.


Terimakasih telah meyempatkan waktu untuk membaca.Semoga bermanfaat!

~timbalah ilmu sebanyak mungkin

selasa 9.1.24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mau baca ?

RAWAT ITU BAIK